Penataan wilayah Grand Prima Bintara

Pokja 1 yang terdiri dari Sutarto, Hendro Cahyono, Bambang SM, Sabdo, Munawar, Syufri Munir, Joko dan Eddy Triyono telah beberapa kali membicarakan hal yang berkaitan dengan tugas Pokja 1 yaitu mengkaji penataan wilayah.

Forgama bersama Para Pengurus RT pada tanggal 6 Maret 2009 bertemu dengan Ketua RW.03 yang salah satu agendanya adalah menyampaikan perihal rencana penataan wilayah Grand Prima dengan melakukan pemecahan RT.

Ketetapan pemecahan wilayah RT adalah RT.09 dipecah menjadi 6 RT, RT.08 dipecah menjadi 2 RT, sedangkan RT.07 tetap. Pokja 1 juga sudah bertemu dengan Lurah Bintara untuk membicarakan hal yang sama.

Sebagai langkah awal menuju pemecahan RT, Pokja 1 telah memilih beberapa warga untuk memfasilitasi proses pembentukan pengurus RT baru bekerjasama dengan Forgama dan pengurus RT induk.

Untuk setiap wilayah RT yang direncanakan, masing-masing telah ditetapkan 3 orang fasilitor. Pokja 1 telah mengundang para fasilitator tersebut untuk diberitahukan perihal rencana yang akan dilakukan yaitu : (1) agar para fasilitator mentukan langkah-langkah pembentukan RT di wilayah/blok masing-masing; (2) atas mandat dari Pengurus RT yang didukung Forgama, dimohon agar para fasilitator segera mengumpulkan warga di wilayah masing-masing untuk melakukan sosialisasi dan upaya pemilihan Pengurus RT.

Pengurus RT terpilih untuk sementara akan disebut sebagai “pengurus bayangan”. Mengapa disebut pengurus RT bayangan? Karena sesuai dengan edaran pemerintah yang menyebutkan bahwa sebelum pemilu 2009 tidak boleh dilakukan pemecahan RT.

Mungkin anda bertanya, mengapa pemilihan RT tidak dilakukan saja setelah selesai Pemilu? Tidak, karena tidak ada jaminan bahwa Pemilu akan berjalan sesuai jadwal dan segera final, padahal di sisi lain agenda Forgama dalam pengelolaan dan perawatan di komplek Grand Prima harus segera berjalan tanpa harus terpengaruh oleh hiruk-pikuk pemilu mengingat juga bahwa pekerjaan Pengembang di Grand Prima sudah akan segera berakhir.

Secara de facto Pengurus RT “bayangan” sudah bisa bekerja dalam pengorganisasian warga khususnya dalam hal perawatan dan pengelolaan lingkungan masing-masing yang berkoordinasi dengan Forgama sebagai wadah lintas RT.

Secara de jure Pengurus RT bayangan akan diresmikan/disyahkan setelah Pemilu selesai. Sudah pasti, selama masa waktu kepengurusan RT bayangan, segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi kependudukan masih tetap mengikuti kepengurusan RT yang sudah ada selama ini.

Fasilitator Pembentukan RT

Daftar warga yang dimohon berkenan menjadi fasilitator pembentukan/pemilihan pengurus RT baru adalah sebagai berikut :

RT.08      :      (1) Supriyanto (2) Arie Setianto (3) Nanang Pratama

RT.09      :      (1) RAT. Alam (2) Susilo (3) Kumaedy

RT.10      :      (1) Agung Wahono (2) Setoaji (3) Yusi

RT.11      :      (1) Mujiman (2) HarryWinardi (3) Senoaji

RT.12      :      (1) Sutarto (2) Wahyudi (3) Giri Waryanto

RT.13      :      (1) Supriatman (2) Eddy Triyono (3) Bayu

RT.14      :      (1) Munawar (2) Sabdo (3) Eddy Yulianto

RT.15      :      (1) Supriyanto (2) Arie Setianto (3) Puji S.

Prioritas pemecahan RT adalah RT.09, sedangkan RT.08 menyusul setelahnya.

Agenda pembentukan RT

Selama bulan April-Mei 2009 akan dilakukan pertemuan warga pada masing-masing wilayah bakal RT yang baru, yang akan dikoordinir oleh Fasilitator bersama Pokja 1 dan Pengurus RT induk.

Mohon kepada seluruh warga di wilayah terkait agar hadir dalam proses pemilihan RT bayangan tersebut demi dan untuk kepentingan bersama. Peran serta seluruh warga dalam proses pemilihan RT adalah bukti nyata tanggungjawab kita sebagai warga. **

Pemetaan ulang wilayah RT.07, 08, 09

Tinggalkan komentar

Filed under Bidang Sosial & Politik, Rukun Tetangga

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s