Biaya Pengelolaan Tanggungjawab Bersama

Melalui wadah Forgama, “fondasi kebersamaan” warga komplek Grand Prima Bintara mulai dirintis dengan satu cita-cita dan tujuan bersama yaitu menciptakan lingkungan komplek Grand Prima yang rapi, sehat, indah, bersahabat, ramah lingkungan, aman dan nyaman.

Kita semua tau bahwa sebuah pengelolaan dan perawatan sudah pasti membutuhkan biaya, sebaliknya kita juga tau apa jadinya jika sebuah komplek tidak ada perawatan.

Dibutuhkan pengertian, pemahaman dan kesadaran bersama dari seluruh warga komplek agar fondasi yang telah dibangun dapat berlannjut terus dengan membangun sebuah “rumah bersama” yang rapi, sehat, indah, bersahabat, ramah ling-kungan, aman dan nyaman.

Biaya akan dibutuhkan untuk (1) gaji pekerja satpam (2) gaji pekerja kebersihan dan tukang taman (3) biaya pembuangan sampah (4) biaya foto copy (5) biaya2 perbaikan dan pembangunan fisik dalam rangka menciptakan lingkungan yang lebih baik (6) biaya pembersihan got bawah tanah secara rutin berkala (7) biaya penyemproatan nyamuk secara rutin berkala (8) biaya pupuk dan perawatan tanaman dan menanam tanaman baru (9) biaya kegiatan/even bersama (10) dan lain-lain kemungkinan.

Apakah ada sanksi bagi warga yang tidak membayar iuran? Tentu tidak serta merta dijalankan, tapi akan dilihat dulu apa masalahnya. Wacana sanksi yang muncul adalah sampah di depan rumahnya tidak akan diambil, akan biarkan membuang sampahnya sendiri.

Berapa estimasi biaya pengelolaan dan berapa besar iuran yang akan ditanggung oleh warga?

Tim yang terlibat masih sedang melakukan survey lapangan untuk menghimpun data actual penghuni. Dari data survey tersebut akan dibuat simulasi untuk menentukan angka yang pas, fair dan semaksimal mungkin dapat mengakomodir semua kelompok serta dapat memenuhi kebutuhan Pengelolaan Rutin.

Berapa kebutuhan rutin pengelolaan per bulan? Angka sementara per bulan berkisar 45 juta. Angka detil dan selengkapnya akan diinfokan kepada warga.

Tinggalkan komentar

Filed under Bidang Pembangunan, Forgama, Rukun Warga

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s