Evaluasi kinerja Satuan Pengamanan

Masa percobaan kerja Satpam selama 3 bulan telah berakhir pada 30 November 2009. Evaluasi kinerja Satpam telah dilakukan oleh Tim Keamanan bersama dengan para Ketua RT. Terdapat 5 orang Satpam yang “tereliminasi” dengan alasannya masing-masing. Sebagai penggantinya, per awal Desember 2009 terdapat 5 orang Satpam baru. Rekrutmen Satpam dilakukan dengan pengajuan lamaran, tes tertulis dan wawancara yang dilakukan oleh Tim Keamanan.

Untuk diketahui warga bahwa lowongan pekerjaan Satpam ditawarkan kepada warga di RW.06 yaitu wilayah RW yang berada di sebelah barat komplek Grand Prima.

Lowongan ditawarkan melalui Ketua RW.06 dan selanjutnya Ketua RW menawarkan kepada Para Ketua RT di wilayahnya. Telah ditegaskan kepada pengurus RW.06 bahwa yang menentukan diterima atau tidaknya lamaran kerja Satpam adalah sematamata hasil tes dan hasil wawancara.

Hal ini disadari sepenuhnya oleh mereka bahwa walaupun mereka menawarkan tenaga kerja yang sudah pilihan, tetapi mereka sepenuhnya menyerahkan kepada hasil tes dan mekanisme yang berlaku dalam proses rekrutmen Satpam di Grand Prima.

Untuk 5 orang Satpam baru, diberlakukan masa percobaan selama 3 bulan guna menilai kinerja dan kesanggupan Satpam. Kepada Satpam telah ditekankan baik lisan maupun tertulis bahwa “warga” berhak memberhentikan Satpam secara sepihak, apabila dipandang perlu karena alasan kinerja, karena melakukan tidakan yang tidak tepuji seperti mabuk, tindakan kriminal dan lain-lain hal yang melanggar kepatutan & kesusilaan.

Satpam juga bisa dikenakan pemotongan gaji apabila tidak bekerja sesuai penugasan yang diberikan, tidak masuk kerja tanpa ijin, terlambat dan/atau meninggalkan tugas tanpa alasan yang dapat diterima.

Bubur pagi

Dalam upaya melakukan pembinaan, pemantauan sekaligus warning, dan menyampakan complain warga, Tim Keamanan secara berkala melakukan “coffee morning” pada hari Sabtu, sambil makan bubur melakukan dialog dan pengarahan kepada para Satpam, dilanjutkan olah raga.

Tim Keamanan menghimbau sekaligus memohon kepada para penghuni agar berkenan melaporkan kepada Tim Keamanan untuk hal-hal yang berkaitan dengan perilaku dan kinerja Satpam. Akan lebih baik jika disampaikan secara tertulis dengan menyebutkan dalam hal kejadian apa, dimana, kapan dan bagaimana. Berikan laporan itu kepada Ketua RT masing-masing untuk selanjutnya Ketua RT akan berkoordinasi dengan Tim Keamanan.

Berikut ini adalah foto para Satpam Grand Prima Bintara, kenalilah mereka :

Tinggalkan komentar

Filed under Bidang Keamanan, Satuan Pengamanan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s