Maling kecebur sungai

Pada pertengahan Desember 2009, terdapat 1 rumah di Cluster C kemalingan pompa air yang sudah terpasang di garasi rumahnya dan ada 2 rumah di Cluster C juga yang pada malam hari di satroni maling tetapi gagal karena penghuni rumah keburu terbangun dan maling kabur.

Pada saat dilakukan pengintaian oleh Satpam dan beberapa warga, Satpam dengan menggunakan senternya mendapati maling yang sedang beraksi mencuri. Secepat kilat maling itu kabur dengan memanjat pagar tembok kearah sungai. Yang menarik dari kejadian ini adalah ketika Satpam menyenter muka maling itu, satpam sangat mengenali orang itu, tetapi tidak bisa berbuat apa-apa kerena maling keburu kabur, tidak tertangkap basah. Saat diperiksa ke TKP, ditemukan 2 buah steger yang sudah dilempar ke sungai dan esoknya ditemukan lagi 5 buah steger yang berada di belakang rumah warga. Rupanya barang curian itu tidak jadi diambil.

Peristiwa lain di akhir bulan Januari 2010, Satpam ketika Patroli tengah malam pukul 01.30 WIB memergoki maling yang sedang beraksi, kaget kepergok Satpam si maling lari dan lompat tembok pagar dan kecebur ke Sungai. Satpam langsung bergerak menuju kampung sebelah, dan ternyata di kampung sebelah maling sempat menjambret handpone warga setempat sebelum akhirnya tertangkap basah oleh Satpam dan warga dan digelandang ke kantor Polisi. Maling yang tertangkap basah berbeda dengan maling yang mencuri steger itu.

Tambah Satpam?

Ada masukan dari beberapa warga, agar petugas patrol tidak hanya 2 orang Satpam karena jangkauannya terlalu luas apalagi maling masuknya dengan cara melompat pagar yang artinya sepanjang pagar potensial untuk dilompati.

Idealnya 1 orang Satpam berpatroli hanya untuk 1 wilayah tertentu, misalnya 1 RT. Atau jika 1 RT dirasa terlalu kecil areanya bisa dibagi yakni untuk beberapa blok tertentu di jaga oleh 1 Satpam. Gagasan tersebut memang sangat ideal, tetapi harap dipahami bahwa penambahan Satpam akan membawa konsekwensi langsung pada bertambahnyabiaya operasional.

“Kalau hanya nambah 1 orang masih mungkin, tapi jika lebih dari 1 orang tidak mungkin karena dana tidak akan mencukupi” demikian kata Bendahara Budi Suryono yang dibenarkan oleh Khairul Anwar.

Di sisi lain ada pendapat yang mengatakan bahwa harus di evaluasi dengan cermat sebelum memutuskan penambahan Satpam, apakah benar memang perlu ditambah personil Satpam.

Tinggalkan komentar

Filed under Bidang Keamanan, Satuan Pengamanan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s