Pemilih 100% hadir pada Pemilihan Ketua RW

Dalam musyawarah lintas RT, ketentuan Pemilih Ketua RW disepakati terdiri dari semua Pengurus RT (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) dan perwakilan warga yang keseluruhan berjumlah 67 orang. Dari 67 pemilih, sebanyak 66 hadir orang memberikan suaranya. Khairul Anwar dengan perolehan suara 80% ditetapkan sebagai Pemenang. Berikut wawancara MGP dengan Ketua RW terpilih.

Bagaimana perasaan Anda sebagai calon terpilih?

Secara umum saya bersyukur proses tahapan pemilihan RW kita yang pertama ini dapat berjalan lancar, damai dan sangat demokratis serta mendapat respon dan antusiasme warga yang sangat tinggi, hal ini dapat kita lihat dari jumlah pemilih yang hadir dan memberikan suaranya mencapai 100 %.

Kalau perasaan pribadi, sejujurnya saya tidak dalam posisi menyiapkan diri menjadi Ketua RW, karena saya yakin di warga kita masih banyak yang lebih pantas dan mempunyai kapasitas, namun karena ini adalah amanah warga tentu saja saya harus bertanggungjawab dan mengembannya dengan segala keterbatasan saya.

Sebagai Ketua RW Perdana di Grand Prima Bintara, apa visi misi Anda?

Visi saya, membangun kerangka dasar system organisasi dan tata kelola ke-RW-an yang amanah, professional, demokratis, transparan dan akutanbel berbasis masyarakat dan pelayanan sosial. Sedangkan misinya adalah (1) menciptakan kesadaran bersama warga dalam membangun kebersamaan, kerukunan, kepedulian dan solidaritas sesama (2) menciptakan system layanan masyarakat yang efektif dan efisien dalam rangka menciptakan hunian yang bersih, indah, sehat, asri melalui pendekatan pengelolaan yang terpadu atau terintegrasi. (3) menjaga harmonisasi hubungan sosial baik internal maupun eksternal secara vertical maupun horizontal.

Sebagai Koordinator Forgama bagaimana pendapat Anda jika ada pihak yang berpendapat bahwa Anda “memanfaatkan” Forgama untuk menjadi RW?

Kalau ada yang berpendapat seperti itu, menurut saya wajar saja, karena budaya piker sebagian masyarakat kita memang masih ada yang selalu melihat dari persepsi ‘tendensius’ serba dan segalanya dinilai selalu ada ‘pamrih’.

Namun perlu saya jelaskan Forgama saat itu dibentuk atas niat baik bersama, dalam semangat dan visi bersama menghadapi situasi perumahan yang tidak jelas, khususnya dalam pengelolaan fasos-fasum kompleks Grand Prima Bintara pra dan pasca serah terima pihak developer kepada pihak pemerintah kota Bekasi. Kita semua tidak ingin pihak pengembang hengkang begitu saja, tanpa memperhatikan kondisi sosial warga atas fasos-fasum yang merupakan kewajiban pengembang.

Banyak contoh pengembang nakal yang hengkang tanpa tanggung jawab, prinsipnya asal sudah serah terima ke Pemda ya sudah’bodoh teuing”. Nah, Forgama sebagai wadah lintas RT, selain menjadi ajang interaksi warga lintas RT, juga sebagai lokomotif yang mengawal dan memantau proses serah terima antara Pengembang-Pemkot.

Terpilihnya saya sebagai Ketua RW juga seperti yang saya katakan tadi,juga karena sikon aja, bukan by design apalagi scenario, semua berjalan seperti air mengalir aja.

Ke depan tantangan masih tidak ringan, karena itu saya mengajak semua warga untuk meningkatkan kebersamaan, kepedulian, kerukunan, persatuan dan solidaritas sesama dengan mengedepankan tujuan dan kebaikan bersama. Mari kita berorientasi pada kepentingan bersama bukan kepentingan pribadi atau kelompok masing-masing.

Bagaimana dengan RW baru?

Khusus untuk pembentukan RW baru, itu merupakan domainnya pemerintah yang telah diatur dalam peraturan perundangan khsusnya Perda No 04 tahun 2005, menurutnya saya kita sebagai warga negara tentu kita patuhi dan taati azas/aturannya.

Disamping itu, situasi dan perkembangan jumlah penghuni di Grand Prima Bintara sangat pesat, seiring selesainya pembangunan perumahan ini yang hingga saat ini berjumlah 456 KK di luar rukan.

Bagaimana dengan perubahan KTP, KK dan kaitannya?

Ya itu merupakan hal yang sangat penting dan urgent dilakukan khususnya KTP dan KK, tentunya para Pengurus RT dan RW berkewajiban untuk membantu dan memfasilitasi perubahan tersebut. Kami akan koordinasi dengan pihak terkait.

Antusias warga mengikuti proses pemilihan RW.

Tinggalkan komentar

Filed under Bidang Sosial & Politik, Rukun Warga

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s