Kopagama Menjadi Pengelola Sport Club

Sport Club yang terdiri dari fitness center, lapangan tenis, kolam renang dan gedung pertemuan akan segera dikelola oleh Kopagama. Perjuangan panjang warga Grand Prima Bintara untuk dapat menikmati fasilitas sosial berupa Sport Club sesuai dengan aspirasi warga telah menampakan hasil. Perjanjian pengalihan hak kelola fasilitas Sport Club Grand Prima Bintara telah ditandatangani manajemen MBP (PT.Mitra Bintara Perkasa) bersama Pengurus KOPAGAMA (Koperasi Warga Grand Prima) dihadapan notaris Fatima Syuraini Dewi,S.H,M.Kn pada hari Selasa, 24 Agustus 2010.

Seiring dengan kesepakatan tersebut, proses perijinan pengalihan hak kelola untuk jangka waktu 5 tahun dan seterusnya kepada Pemerintah Kota Bekasi sedang diurus dan diproses oleh MBP bersama Kopagama. Untuk hal tersebut pihak Kopagama sepakat memberi kompensasi dana sebesar Rp.125.000.000 atas aset dan good will MBP selaku pemegang hak kelola Sport Centre dari Pemerintah Kota Bekasi. Angka tersebut adalah sangat wajar dan proporsional, dan telah melalui kajian, pengecekan lapangan dan beberapa kali pembicaraan Pengurus RW/RT/Kopagama.

“Kita patut bersyukur, apa yang telah kita perjuangan sejak tahun 2005, setidaknya selangkah telah berhasil dilewati”, demikian pernyataan Khairul Anwar selaku Ketua RW. 016 GPB sesaat setelah penandatangan dokumen perjanjian.

Lebih lanjut Khairul mengatakan,” Pengalihan pengelolaan kepada warga melalui wadah Kopagama ini tidak gratis dan oleh karena itu kontribusi dan partisipasi aktif seluruh warga Grand Prima Bintara sangat diperlukan, baik sebagai anggota Koperasi maupun ‘member’ Sport Club. Hal ini sangat penting, bukan saja untuk meramaikan tapi sekaligus membangun rasa ‘memiliki’ dan meringankan biaya investasi dan perawatan atas fasilitas tersebut, agar tetap eksis, indah dan nyaman. Saya percaya, melalui wadah Kopagama sistem pengelolaan Sport Centre akan jauh lebih baik dan lebih bermanfaat bagi seluruh warga Grand Prima, karena kontrol dan kebijakan pengelolaan berbasis masyarakat, kkususnya warga GPB.

Model pengelolaan melalui Kopagama ini, sekaligus dapat menghindarkan ‘fitnah’ dan unsur kepetingan pribadi atau kelompok” tegasnya.

Perlu juga diketahui, bahwa skema perjanjian pengalihan ini merupakan usaha maksimal yang dapat dilakukan oleh Pengurus Kopagama bersama Pengurus RW. Proses perundingan dan negosiasi dengan pihak pengembang dan Pemkot Bekasi berjalan alot dan melelahkan, bahkan harus pula dengan unjuk rasa warga GPB.

Akhirnya dengan semangat win-win solution kesepakatan tersebut dapat dicapai. Sebuah kado istimewa dari HUT kemerdekaan RI yang ke 65 bagi seluruh warga RW.016 Grand Prima Bintara.

“Atas nama warga RW. 016 Grand Prima Bintara, saya menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh warga dan fasilitasi yang diberikan semua pihak, khususnya jajaran Pemerintah Kota Bekasi”, ujar Khairul.

Sementara itu, Ketua Umum Kopagama Joko Lukito mengatakan “Saya optimis pengelolaan sport club oleh Kopagama akan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya pengelolaan dan perawatan komplek ini ke depan. Kami para Pengurus Kopagama selaku penerima mandat yang salah satu tugasnya mengelola sport club, akan berusaha semaksimal mungkin agar sport club bermanfaat bagi warga tapi juga dapat menguntungkan secara financial, dimana sebagian keuntungan ini akan diperuntukan bagi perawatan komplek perumahan ini.

Bagaimana model pengelolaan, tampilan dan marketingnya masih akan dibicarakan dan dikonsep lebih lanjut. Yang jelas dukungan dari seluruh Pengurus RT/RW/Kopagama dan para warga sangat kami harapkan”

Pengurus Kopagama terpilih foto bersama dengan pejabat dari Dinas Perindagkop Bekasi dan Ketua RW.016 sesaat setelah pemilihan pengurus Kopagama. Dari kiri: Khairul Anwar-Ket.RW.016, Tedi Murti–Sekretaris II, Emannuel Ali-Anggota Pengawas, Ridwan Rusdiyanto-Bendahara II, pejabat Dinas Perindagkop Kota Bekasi Drs.Rustandi,M.Si., Joko Lukito-Ketua Umum, Eddy Harsono- Bedahara I, Syufri Munir Ketua I, Gatot D-Sekretaris I. Hendro Cahyono-Ketua Pengawas. Pengurus lain yang tidak ada dalam foto: Endo Ritonga – Ketua II dan Sabdo K-Anggota Pengawas.

Tinggalkan komentar

Filed under Bidang Perdagangan, Kopagama

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s