Penanganan Fasilitas Untuk Penghuni

Sesuai dengan “promosi” saat penawaran oleh Pengembang, fasilitas kolam renang, lapangan tenis, gedung pertemuan dan sport center merupakan fasilitas penunjang yang diperuntukan bagi warga penghuni Grand Prima Bintara. Berdasarkan peraturan yang ada, bangunan-bangunan tersebut termasuk kategori fasilitas sosial.

Semua fasilitas sosial agar tetap bersih, terawat dan berfungsi diperlukan pengelolaan dan perawatan rutin yang tentunya membutuhkan dana.

Dana perawatan meliputi biaya listrik, karyawan, pemeliharaan taman, perawatan dan perbaikan peralatan pendukung yang rusak, penggantian lampu-lampu yang mati, dan lain-lain.

Berdasarkan Permendagri No.1 Tahun 1976, pemeliharaan fasilitas sosial sebelum penyerahan menjadi tanggung jawab Pengembang, sedangkan pemeliharaan setelah penyerahan menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah.

Dalam Perda Bekasi No.10 /2007 diasebutkan bahwa “Pembangunan dan pengelolaan Fasos dapat dikerjasamakan dengan pihak ketiga sepanjang dapat memberikan manfaat langsung bagi penghuni perumahan tersebut”.

Warga berterimakasih bahwa sampai saat ini fasos tersebut masih terawat dan berfungsi dengan baik, karena “penampilan” fasos yang baik akan sangat berpengaruh kepada citra komplek ini.

Bagaimana model pengelolaan fasos setelah Pengembang meninggalkan komplek ini? Forgama berprinsip bahwa siapapun pengelola fasos hendaknya dilakukan sejalan dengan Perda tersebut yakni harus ada “manfaat bagi penghuni”.

Fasilitas yang harus dirawat dengan baik.

Tinggalkan komentar

Filed under Bidang Kebersihan, Forgama

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s