Hari Anak & Hari Pendidikan Nasional

Kelompok PKK RW.016 baru saja terbentuk. Sebagai bagian dari program kegiatan PKK, Kelompok PKK RW.016 ingin berperan nyata dalam upaya pemberdayaan kesejahteraan masyarakat, terlebih lagi dalam hal pembinaan terhadap generasi muda sebagai penerus masa depan bangsa.

Untuk itulah, Kelompok PKK RW.016 hari ini (Minggu, 24 Juli 2011) menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Pendidikan dan Hari Anak Nasional dengan tema “Melalui Pendidikan, Kita bentuk Anak Cerdas, Aktif, Kreatif, Sportip, Bertanggungjawab, dan Berprestasi”

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan interaksi warga terutama anak-anak di Grand Prima Bintara untuk saling mengenal satu sama lain, dan menunjukkan bakat serta kreatifitasnya. Sehingga dapat mendorong terbentuknya kelompok-kelompok minat dan bakat tertentu yang bisa dikembangkan dan difasilitasi oleh RW.016 maupun oleh pihak-pihak lainnya yang kompeten.

Acara yang didukung oleh Pengurus RW.016 beserta warga ini menyajikan 5 (lima) rangkaian kegiatan, diantaranya :

Perlombaan :

Jenis-jenis perlombaan meliputi mewarnai, melukis, dan mengarang. Lomba mewarnai dan melukis diperuntukan bagi anak-anak usia pra sekolah sampai dengan SD kelas 6. Sedangkan lomba mengarang diperuntukan bagi anak SD kelas 4 sampai dengan kelas 6.

Seminar :

Seminar dengan tema “Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Anak”, dibahas dan dilihat dari pendekatan pendidikan dan psikologi, dengan menghadirkan 2 orang narasumber yang kompeten, yaitu :

  • Dr. Khaeruddin (Ahli Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta), membawakan materi Dampak Perkembangan Teknologi pada Kegiatan Belajar Mengajar.
  • Dr. Edy Suhardono (Aptitude/Talent Reader), membawakan materi Tantangan dan Kiat Praktis Dalam Menemukenali Bakat dan Faktor-faktor Keberhasilan.

Bazar :

Produk yang dipromosikan dan dijual dalam ajang bazar ini antara lain berupa peralatan yang bersifat edukatif (buku, alat permainan anak-anak, peralatan sekolah, dll), peralatan rumah tangga, dan kuliner.

Bazar ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai ajang pengenalan, promosi, dan pemasaran secara langsung akan produk-produk yang selama ini dikembangkan atau menjadi usaha terutama oleh warga di Grand Prima Bintaramaupun oleh warga lain secara umum.

Pameran :

Produk-produk yang dipamerkan antara lain berupa alat-alat peraga untuk mendukung proses belajar-mengajar, hasil kreatifitas anak maupun orangtua, dan produk lainnya yang bersifat inspiratis dan edukatif.

Pameran lebih ditujukan sebagai ajang pengenalan akan berbagai sarana untuk mendukung proses pembelajaran dan pengembngn prestasi maupun wujud dari apa yang dihasilkan.

Pentas Seni :

Pentas seni dan kreatifitas menampilkan segala daya cipta sebagai kreasi dari anak-anak dan warga di Grand Prima Bintara. Pentas kreatifitas ini diharapkan dapat menjadi ajang bagi warga di Perumahan Grand Prima Bintara terutama anak-anak untuk unjuk kebolehan dan percaya diri dalam bentuk gaya, tari, seni suara, dan lain-lain.

Sebelum acara dimulai, Ketua PKK Bintara Nuryani membuka acara ini dengan melepas puluhan balon ke udara. “Karena di sini wilayah perumahan, saya berharap kegiatan seperti ini terus dilanjutkan agar kekompakan semua masyarakat dapat terjalin terus,” ungkapnya usai pelepasan balon.

Di tempat yang sama, Ketua panitia Waluyu Sri Ambar Arum mengungkapkan, kegiatan ini diadakan agar anak-anak Indonesia menjadi cerdas, terampil dan aktif. Di sisi lain, berbagai kompetisi yang diadakan diharapkan dapat mengembangkan potensi anak.

“Diharapkan dengan potensi yang dimiliki anak, tidak terjerumus pada hal yang negatif, karena anak sebagai calon pemimpin masa depan,” beber salah satu dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini.

Gallery foto dibawah ini mewakili suasana acara :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Semoga niat mulia dari Kelompok PKK RW.016 ini dapat terwujud …

Tinggalkan komentar

Filed under Bidang Pendidikan, Bidang Seni & Budaya, Kelompok PKK

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s