Kopagama

Menurut UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, pengertian Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum. Koperasi melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip Koperasi, yakni (1) Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka. (2) Pengelolaan dilakukan secara demokratis (3) Pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota (4) Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal (5) Kemandirian (6) Pendidikan perkoperasian (7) Kerja sama antar Koperasi.

Koperasi berdasarkan sektor usahanya terdiri dari (1) koperasi simpan pinjam (2) koperasi konsumen (3) koperasi produsen (4) koperasi pemasaran dan (5) koperasi jasa.

Apa KOPAGAMA?

Kopagama adalah sebuah badan hukum milik bersama warga Grand Prima Bintara dengan Badan Hukum No.17/BH/DISPERINDAGKOP/V/2010.

Kopagama didirikan berdasarkan kesepakatan para Pengurus RW dan Pengurus RT untuk memenuhi tuntutan kebutuhan perlunya sebuah badan hukum. Kopagama masuk dalam kelompok Koperasi Serba Usaha yakni bergerak dalam berbagai bidang usaha sesuai dengan peluang yang ada.

Kopagama menjadi wadah/badan hukum bersama dengan tujuan utama untuk mencari dan menghimpun dana bagi kepentingan anggota khususnya dan kepentingan perawatan komplek perumahan umumnya. Biaya perawatan, pengelolaan, mempertahankan mutu bahkan peningkatan mutu perumahan Grand Prima diharapkan akan dapat didukung dengan sebagian dana SHU (sisa hasil usaha) koperasi. Sebagian dari SHU (wacana yang muncul 50%) akan diserahkan kepada kas RW.016 yang notabene menjadi dana/kas milik bersama seluruh Warga Grand Prima.

Siapa anggota KOPAGAMA?

Pada tahap awal para Pengurus RW dan Pengurus RT menjadi anggota sekaligus pendiri. Sesuai ketentuan yang ada, koperasi dapat didirikan minimal oleh 20 orang. Tercatat sebagai pendiri/anggota awal Kopagama sebanyak 33 orang. Diharapkan untuk selanjutnya warga Grand Prima Bintara dapat mendaftar sebagai anggota Kopagama.

Apakah anggota tidak rugi sebagian SHU diserahkan ke kas RW?

Tidak, karena dana itu akan dikembalikan lagi untuk kepentingan anggota dalam bentuk kenyamanan, keamanan, keindahan, kerapihan dan lain-lain kebutuhan untuk lingkungan perumahan Grand Prima. Apabila penghasilan koperasi meningkat significant maka dengan sendirinya Kas RW akan meningkat juga sehingga tidak tertutup kemungkinan iuran bulanan untuk perawatan dan pengelolaan bisa diturunkan.

Dari mana sumber modal koperasi?

Seperti halnya bentuk badan usaha yang lain, untuk menjalankan kegiatan usahanya koperasi memerlukan modal. Adapun modal koperasi terdiri atas modal sendiri dan modal pinjaman.

Modal sendiri meliputi sumber modal sebagai berikut:

  • Simpanan Pokok, yaitu sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh anggota kepada koperasi pada saat masuk menjadi anggota. Simpanan pokok tidak dapat diambil selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi.
  • Simpanan Wajib, yaitu jumlah simpanan tertentu yang harus dibayarkan oleh anggota kepada koperasi dalam waktu dan kesempatan tertentu, misalnya tiap bulan dengan jumlah simpanan yang sama untuk setiap bulannya. Simpanan wajib tidak dapat diambil selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi.
  • Simpanan khusus/lain-lain misalnya : Simpanan sukarela (simpanan yang dapat diambil kapan saja), Simpanan Qurban, dan Deposito Berjangka.
  • Dana Cadangan : Dana cadangan adalah sejumlah uang yang diperoleh dari penyisihan Sisa Hasil usaha, yang dimaksudkan untuk pemupukan modal sendiri, pembagian kepada anggota yang keluar dari keanggotaan koperasi, dan untuk menutup kerugian koperasi bila diperlukan.
  • Hibah : Hibah adalah sejumlah uang atau barang modal yang dapat dinilai dengan uang yang diterima dari pihak lain yang bersifat hibah/pemberian dan tidak mengikat.

Siapa Pengurus dan Pengawas KOPAGAMA?

Pengurus & Pengawas koperasi dipilih dari kalangan dan oleh anggota dalam suatu rapat anggota.

Pengurus adalah badan yang dibentuk oleh rapat anggota dan disertai dan diserahi mandat untuk melaksanakan kepemimpinan koperasi, baik dibidang organisasi maupun usaha. Anggota pengurus dipilih dari dan oleh anggota koperasi dalam rapat anggota.

Dalam menjalankan tugasnya, pengurus bertanggung jawab terhadap rapat anggota. Atas persetujuan rapat anggota pengurus dapat mengangkat manajer untuk mengelola koperasi, namun pengurus tetap bertanggung jawab pada rapat anggota.

Pengawas adalah suatu badan yang dibentuk untuk melaksanakan pengawasan terhadap kinerja pengurus. Anggota pengawas dipilih oleh anggota koperasi di rapat anggota. Dalam pelaksanaannya, pengawas berhak mendapatkan laporan pengurus, tetapi merahasiakannya kepada pihak ketiga. Pengawas bertanggung jawab kepada rapat anggota.

Terpilih sebagai Pengurus periode 2010-2013 sbb:

Ketua Umum                   :      Joko Lukito WS, HP 0818.795606, Cluster A/57

Ketua I                               :      M. Syufri Munir, HP 0816.763346, Blok B2/12

Ketua II                             :      Endo Ritonga, 0856.8899968, Cluster C

Sekretaris I                      :      Gatot Dwiwahjudi, HP. 021-70790076, Blok D5/3

Sekretaris II                    :      Tedi Murti Wibowo, HP.0838.8014715, Blok D2/32

Bendahara I                     :      Eddy Harsono, HP. 0811.981830, Blok C4/44

Bendahara II                   :      Ridwan Rudianto, HP.0812.13831479, Cluster B

Terpilih sebagai Pengawas periode 2010-2013 sbb:

Ketua                                :      Hendro Cahyono, Blok D5/10

Anggota                           :      1. Sabdo Kurnianto IR, Cluster B/11

                                                   2. Emanuel Ali, Blok D2/11

Pembina adalah Ketua RW-016 (eks officio) Kel. Bintara, yang diatur dalam Anggaran Rumah Tangga dan bukan termasuk dalam unsur pengurus maupun pengawas.

Pengurus Kopagama terpilih foto bersama dengan pejabat dari Dinas Perindagkop Bekasi dan Ketua RW.016 sesaat setelah pemilihan pengurus Kopagama. Dari kiri: Khairul Anwar-Ket.RW.016, Tedi Murti–Sekretaris II, Emannuel Ali-Anggota Pengawas, Ridwan Rusdiyanto-Bendahara II, pejabat Dinas Perindagkop Kota Bekasi Drs.Rustandi,M.Si., Joko Lukito-Ketua Umum, Eddy Harsono- Bedahara I, Syufri Munir Ketua I, Gatot D-Sekretaris I. Hendro Cahyono-Ketua Pengawas. Pengurus lain yang tidak ada dalam foto: Endo Ritonga – Ketua II dan Sabdo K-Anggota Pengawas.

Rapat anggota

Rapat anggota adalah wadah aspirasi anggota dan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, maka segala kebijakan yang berlaku dalam koperasi harus melewati persetujuan rapat anggota terlebih dahulu, termasuk pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian personalia pengurus dan pengawas.

Beberapa jenis usaha yang akan menjadi fokus KOPAGAMA

(1) Pengelolaan Sport Club

(2) Unit usaha servis dan perawatan AC rumah/kantor

(3) Unit usaha percetakan

(4) Pengelolaan Kuliner

(5) dll.

Pendaftaran Keanggotaan

Bagi warga Grand Prima yang tertarik dan ingin bergabung dalam Kopagama, mohon mengisi formulir yang tersedia dan menghubungi salah satu Pengurus Kopagama tersebut di atas.

Kewajiban anggota adalah :

  • Membayar Simpanan Pokok sebesar Rp.500.000 (bisa diangsur), yang dibayarkan sekali saja pada awal menjadi anggota koperasi.
  • Membayar Simpanan Wajib sebesar Rp.10.000 per bulan.

Keuntungan yang akan diperoleh anggota :

  • Menerima SHU
  • Memilki tabungan yang berasal dari Simpanan Pokok dan Wajib
  • Ikut berkontribusi dalam upaya penataan, perawatan dan pengelolaan perumahan Grand Prima Bintara yang notabene “rumah dan lingkungan milik sendiri”.

Kesadaran:

Menjadi anggota Kopagama memang tidak untuk sepenuhnya mendapatkan keuntungan berupa uang tunai karena sebagian dari SHU akan diserahkan untuk kepentingan perawatan dan pengelolaan komplek. Kentungan lain diterima berupa keamanan, keasrian dan kebersihan lingkungan.

Ada yang bilang “enakan tidak menjadi anggota Kopagama, tidak perlu bayar simpanan pokok dan simpanan wajib tapi ikut juga menikmati perawatan dan pengelolaan komplek”. Adalah hak warga untuk menjadi anggota atau tidak. Tidak menjadi anggota bukan berarti ybs tidak berkontribusi dalam perawatan komplek.

Kontribusi bisa dalam bentuk lain yaitu iuran bulanan atau menggunakan jasa Kopagama. Perlu kesadaran dan semangat kebersamaan untuk saling berkontribusi peduli merawat komplek ini yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Salam Koperasi. **

2 responses to “Kopagama

  1. Gatot D

    Sport Club kini telah dikelola oleh warga melalui koperasi Warga KOPAGAMA, untuk membangun kebersamaan dan rasa memiliki kami mengajak warga yang belum menjadi anggota KOPAGAMA untuk bergabung menjadi anggota…

    Semakin luas keanggotaan akan menciptakan rasa memiliki yang semakin besar…mari bergabung dan hubungi pengurus kami akan jemput ke rumah warga…tks, gtt

  2. Website-nya telah disiapkan di kopagama.web.id
    Mohon kiranya admin GPB dapat merefer ke link tersebut…

    Terima kasih

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s